Sunday, August 30, 2009

Konfigurasi Huawei E160G Di Linux (bag. 2)

Bagian 2 dari 2
Klik di sini untuk bagian 1 artikel.
Gnome 2.26 (Linux Mint 7)
Pada modem yang sudah dikenali linux, saat disambungkan di komputer akan muncul jendela wisaya yang akan memimpin pengaturan modem 3G, tapi dari yang saya lihat, wisaya ini hanya mencakup pengaturan untuk layanan standar operator saja, sedangkan layanan lain, seperti misalnya Indosat Broadband, M2, Telkomsel Flash dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus membuat profil baru agar modem dapat digunakan.

Selain profil yang berbeda, pada kasus modem Huawei 160G milik saya, perlu dilakukan tweak pada pengaturan perangkat keras di profil. Berikut langkah-langkahnya:

  1. tancapkan modem ke slot usb
  2. Sebuah wisaya bernama New Mobile Broadband Connection akan terbuka, klik Forward

  3. Pilih salah satu profil operator yang disediakan, klik Forward

  4. Dihalaman ini, anda bisa mengubah nama profil yang anda pilih sesuai keinginan anda, klik Apply

  5. Sekarang, buka secara manual Network Connection, bisa anda lakukan dengan melakukan klik ganda di ikon Network Connection di pojok kanan (atas atau bawah, di system tray). sorot profil yang tadi anda pilih, klik Edit

  6. Isikan parameter sesuai dengan layanan yang anda gunakan: nomor dial, username, password, APN

  7. Klik tab PPP Setting, isikan seperti gambar di bawah ini:

  8. Masih di tab yang sama, klik Configure Methods... di bagian Authentication, kemudian hilangkan centang pada pilihan-pilihan selain EAP dan PAP. Klik OK

  9. Selesai, silakan coba koneksi anda, caranya dengan melakukan klik ikon Connection Manager, lalu pilih profil yang tadi anda buat.
  10. Jika koneksi gagal, silakan edit kembali Authentication Method seperti langkah delapan, silakan coba-coba memberi centang ke pilihan otentikasi, kemudian coba koneksi anda kembali.
Selamat mencoba, semoga berhasil.

Klik di sini untuk bagian 1 artikel.

0 comments: