Friday, January 06, 2012

PC Sync untuk Nexian Cosmic Journey (Gigabyte Gsmart G1315)

Pengguna Nexian Cosmic Journey saat menghubungkan ponsel ke komputer dengan kabel data pasti akan menemui berbagai pilihan, salah satunya PC Sync. Namun sayangnya perangkat lunak untuk melakukan sinkronisasi tidak tersedia, baik di ROM ponsel, di paket pembelian, maupun di situs Nexian. Akibatnya, kita tidak dapat melakukan akses ke pesan, kontak dan berbagai data lain melalui komputer. Proses backup manual juga tidak dapat dilakukan. Memang ada fasilitas sinkronisasi melalui server Google, tetapi kurang komplit rasanya jika kita tidak dapat melakukan edit secara manual.

Saya mencoba menghubungi Gigabyte selaku OEM ponsel ini, namun sayang sekali, jawaban dari mereka tidak memuaskan. Inti dari jawaban mereka adalah: ponsel yang mereka jual, dukungannya diserahkan kepada si pembeli tersebut, dan Gigabyte sudah lepas tangan. Grr..... ngeselin.

Namun kekesalan tersebut berakhir sudah, karena saya menemukan situs tempat mengunduh perangkat lunak untuk ponsel Nexian Cosmic Journey / Gigabyte Gsmart G1315!!! Tidak hanya perangkat lunak untuk sinkronisasi dan management, tetapi juga berkas pembaruan firmware. Mantab.

Kali ini saya ingin membahas perangkat lunak untuk management ponsel yang bernama Android Manager. Perangkat lunak ini dapat diunduh di sini. Pastikan koneksi internet anda stabil, karena ukurannya lumayan besar, sekitar 55,4 Mb. Setelah selesai, ekstrak dan install. Tampilan awalnya seperti ini:

Simbol ponsel-komputer di kiri bawah akan berubah hijau saat ponsel tersambung.
 Ada beberapa menu yang tersedia: Contacts, Messages, Photos, Videos, Music, Application, Files, Sync. Di menu Sync, kita bisa mensinkronisasi berbagai berkas: Contacts, Calendar, Camera, Camcorder dan Folders. Untuk melakukan backup data menyeluruh, ada di menu di toolbar atas File > Backup & Restore. Sekarang jika anda sedang tidak ada koneksi internet, anda tetap dapat mem-backup data-data anda dengan komputer.
Menu Sync.
 Selamat menggunakan.

1 comments:

Anonymous said...

I was suggested this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else
know such detailed about my trouble. You are incredible!
Thanks!
Also see my page: backup internet