Monday, January 16, 2012

Review: Florence + The Machine


Jujur saja, saya baru pertama ini kenal dengan artis yang bernama Florence dan grup pendampingnya yang menggunakan nama The Machine. Saya awalnya membaca review album ini dari situs majalah Rollingstone, lalu saya iseng mendengarkan demo lagunya, dan jatuh cinta dengan suara dan musiknya.

Terdiri dari 12 track lagu, dimulai dari:
  1. "Only If for a Night"
  2. "Shake It Out"
  3. "What the Water Gave Me"
  4. "Never Let Me Go"
  5. "Breaking Down"
  6. "Lover to Lover"
  7. "No Light, No Light"
  8. "Seven Devils"
  9. "Heartlines"
  10. "Spectrum"
  11. "All This and Heaven Too"
  12. "Leave My Body"
saya melalap satu album tanpa sadar, karena terhanyut dengan suasana album yang berbeda.

Album ini sangat kaya akan suara dan instrumen, dengan backing vocal, menciptakan musik yang berlapis-lapis. Efek gaung yang digunakan membuat kesan megah, namun juga menambah keruwetan dari album ini. Dengan FiiO E10 DAC dan headphone Audio-Technica SJ33, saya dapat membedakan berbagai detil instrumen, vokal dan backing vokal, dan gaung dengan jelas. Dengan soundcard onboard dan SJ33, detil banyak yang hilang, instrumen lebih bercampur, membuat suasana ruwet. Saya kurang menyarankan anda mendengarkan dengan perangkat yang separasinya kurang bagus, karena album ini benar-benar kaya akan detil dan layering.

Vokal Florence Welch bersinar di album ini, tarikan nafas, getaran suaranya, intonasi, teknik vokal, benar-benar menyatu dengan musik. Di saat artis-artis sekarang berlomba mengeluarkan album dengan musik yang heavy bass, synthesizers, auto-tunes, dan berbagai bling-bling lainnya, album Ceremonials ini berkesan tradisional, liar, klasik, gelap, namun tetap megah dan bersinar. Mendengarkan album ini setelah rentetan Britney Spears, Rihanna, Katy Perry dan berbagai artis mainstream senada lainnya, rasanya seperti keluar menikmati angin malam yang dingin dan segar setelah berjam-jam berada di ruangan diskotik yang panas, sumpek dan penuh aroma seksual.

Kalau anda ingin merasakan album yang berbeda dari album kebanyakan, silakan mencoba album ini. Saya sarankan anda mendengarkan album ini dengan perangkat yang mempunyai separasi dan sound-stage yang bagus, karena anda pasti akan terpana dengan kekayaan musik album ini.
RECOMMENDED!!!

0 comments: