Friday, January 06, 2012

Update Android Nexian Cosmic Journey (Updated 1,2)

PERINGATAN: LAKUKAN LANGKAH-LANGKAH PEMBARUAN DENGAN RESIKO ANDA TANGGUNG SENDIRI. SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB JIKA TERJADI MASALAH DENGAN PONSEL ANDA.

Saya sudah cukup lama menggunakan ponsel Nexian Cosmic Journey.  Ada beberapa kekurangan yang saya temui: sim card yang sering tidak terdeteksi, output headset yang amburadul, layar yang over-sensitive, sering restart saat dihubungkan ke komputer dengan kabel data, dan sensor sinar yang tidak bekerja semestinya.
 
Setelah melihat-lihat sistemnya, ternyata ponsel Nexian Cosmic Journey sejatinya rebrand dari ponsel buatan Gigabyte: Gsmart G1315, namun dengan modul kamera yang dikecilkan menjadi 3 mega pixel. Di web Gsmart sendiri, ternyata sudah ada update firmware yang mengatasi masalah-masalah tersebut. Namun sayangnya pihak Nexian agak lambat dan kurang terbuka dalam penyediaan update tersebut. Di website Nexian tidak ada keterangan update ataupun software yang bisa diunduh untuk ponsel Cosmic Journey ini.

Dari hasil browsing internet, saya menemukan firware terbaru untuk Gsmart G1315 ini adalah 0.50.2 sedangkan versi bawaan Coney adalah 0.21.8. Banyak pembenahan yang  dibawa versi ini. Tapi sayangnya, saat saya coba untuk memperbarui Coney saya dengan berkas ini, proses gagal karena versi dan tipe ponsel yang berbeda. Frustasi, saya bersabar saja, sampai akhrinya ada informasi dari forum lokal mengenai update yang tersedia di Nexian Center. Menyebalkan, kenapa Nexian tidak membuat pengumuman resmi? Atau menyediakan berkasnya untuk diunduh, seperti pada saat update Nexian Journey dulu?

Buat yang malas ke Nexian Center (seperti saya), atau jauh dari Nexian Center, dan mempunyai koneksi internet yang stabil, ada work-around untuk memasang pembaruan Gsmart G1315 ke Coney. Caranya seperti ini:
1. Siapkan berkas pembaruan yang hendak dipasang. Anda bisa mengunduh berkasnya di sini. Pastikan koneksi anda stabil (tidak putus-putus) karena ukuran berkas lumayan besar, sekitar 99 Mb. Sayangnya di situs tersebut tidak ada md5sum dari berkas yang disediakan, jadi kita bisa melakukan pengecekan apakah berkas yang kita unduh sempurna atau tidak. Kalau md5sum dari berkas yang saya unduh dan gunakan (GSmart_G1315_V0.50.2_PL_CZ.zip) adalah:
a0b674664f5d629dee539c77db707602
Melakukan pengecekan md5sum (untuk windows) bisa menggunakan perangkat lunak dari sini.

2. Pastikan anda sudah melakukan rooting Coney anda. Gunakan z4root. Lalu gunakan aplikasi Root Explorer untuk menjelajah berkas di sistem Coney. Lakukan backup seluruh data dan sistem anda, baik secara online atau menggunakan Titanium Backup. Jika menggunakan Titanium Backup, jangan lupa membuat pemasang Titanium Backup Safe Mode (update.zip) untuk berjaga-jaga.

3. Menggunakan Root Explorer, edit berkas berikut:
/system/etc/sw_ver.txt
(maksudnya adalah, jelajahi berkas sistem anda di bagian System lalu ke Etc lalu di dalam folder Etc tsb, cari berkas bernama sw_ver.txt). Cari baris
"BUILD_SW_PROJ =Nexian"
ganti "Nexian" dengan "pl_cz".

 4. Edit berkas:
/system/build.prop
Ganti semua bagian "Nexian" dengan "Gsmart" dan "A892" dengan "G1315". Jangan lupa simpan.

5. Ekstrak berkas ZIP yang tadi diunduh, di dalamnya ada berkas bernama update.zip, salin berkas tersebut ke dalam kartu microsd anda. Taruh di bagian paling atas, jangan masukkan ke dalam folder apapun. Anda bisa menggunakan pembaca kartu (card reader) atau kabel data Coney.

6. Matikan ponsel, pastikan baterai terisi penuh untuk menghindari ponsel mati saat proses pembaruan berjalan. Tekan dan tahan tombol kamera, lalu tekan tombol power. Saat lampu indikator ponsel sudah berkedip biru, anda dapat melepas tombol kamera. Ponsel akan masuk ke System Recovery Mode, dan anda akan menjumpai pilihan untuk melakukan update. Gunakan tombol volume untuk bergulir ke atas/bawah dan tombol kamera untuk memilih.

7. Jawab "Ya" untuk memulai proses pembaruan. Tunggu hingga ponsel melakukan restart. Jika ada masalah, atau tidak bisa masuk ke home, masuk ke System Recovery Mode lagi, lalu lakukan wipe cache dan wipe data. Lalu nyalakan ulang. Selesai.
Tampilan booting:
Firmware baru menggunakan Android 2.2.2 sedangkan sebelumnya adalah 2.2.1:

Tampilan home baru:
Pembaruan ini menyelesaikan semua masalah yang saya sebutkan di bagian awal tulisan: sim card tidak lagi muncul hilang (lebih stabil), output headphone stabil bersih, sensor sinar (untuk pengaturan kecerahan layar otomatis) bekerja dengan baik, layar tidak berlebihan lagi, dan tidak restart saat di hubungkan ke komputer dengan kabel data. Juga ada tambahan menu baru: People.

Saya menemui bug: jika Coney dijadikan hotspot (menggunakan fasilitas wireless tethering), Coney selalu terkunci, dalam artian layar mati, tidak dapat dibawa hidup. Bahkan saat saya coba telpon dengan ponsel lain, Coney saya tidak memberikan reaksi apa-apa, padahal sudah ada nada tunggu di ponsel yang saya gunakan untuk menelpon. Satu-satunya cara adalah cabut baterai, karena ponsel benar-benar terkunci, semua tombol tidak berfungsi. Namun anehnya, tethering tetap jalan, karena saya tetap dapat mengakses internet dari laptop saya. Untuk USB Tethering sendiri, saat awal-awal digunakan tidak ada masalah, namun saat mengakses menu, akhirnya sama saja seperti wireless tethering, Coney terkunci dan tidak dapat diakses walau proses tethering tetap berjalan.
Alternatif: gunakan aplikasi tethering dari Market. Saya mencoba OpenGarden (wireless tethering) dan Coney tetap dapat diakses walau tethering berjalan). Update 1: menggunakan Open Garden, tethering putus beberapa saat setelah layar mati. Mungkin karena kebijakan power saving.
Update 2: Setelah dipergunakan beberapa lama, sekarang saya sudah tidak pernah menjumpai bug ini. Mungkin setelah dilakukan flash ulang sistem Coney masih belum stabil, atau hang dikarenakan kepanasan.

Ingat: semua resiko anda tanggung sendiri. Semua label dan software bawaan Nexian akan dihapus dan diganti bawaan Gigabyte Gsmart. Anda dapat menyalin berkas boot.zip bawaan Nexian untuk mengganti berkas boot.zip Gsmart setelah update. Dan anda dapat mengganti semua Gigabyte GSmart G1315 di build.prob dan sw_vers.txt kembali ke Nexian dan A892 jika anda mau.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

15 comments:

Edikumbang said...

mass panji yg ganteng... coney aku baru aja 2.2.2 tp ko yg skrg ga bs dimatiin ya yg sim 2 nya, dulu yg 2.2.1 kan dgn secret kode *#*#4636*#*# bs tuh dimatiin sim 2 nya. bs bantu?

Panjoel said...

Kodenya kurang benar mas Edikumbang, yang kodenya lebih benar itu *#*#4636#*#*, kode yang mas tulis kebalik dibagian #* setelah kode angka). Semoga membantu.

Coney-nya di-update dimana mas? Sendiri atau lewat Nexian Center? Kalau lewat Nexian, boleh tahu versi software mereka?

Edikumbang said...

betul, maksudku *#*#4636#*#* bkn yg udah sy tulis kmrn. sy biasanya ga ketik manual karakter2 td tp sy lwt aplikasi HIDDEN MENUS. trs centang yg di MODUS TELEPON --> DUAL SIM DUAL SIAGA udah sy hilangakan tp stlh restart dual sim msh ttep aktif. klo yg versi 2.2.1 lgsung sim 1 yg aktif, gmn dong...?
sy update di nexian centre cirebon, dari versi 2.2.1 naik ke 2.2.2 sy menyadarinya stlh baca artikel dari mas panjoel ganteng, sblmnya sy kira tetep di 2.2.1.
memang 2.2.2 byk skali pembenahan, persis sprti kyk yg mas bilang sblmny kyk keypad over, restart saat konek dgn laptop dll.
Android manager GSMART link dari mas panjoel ganteng ga support dg coney update dari nexian.
versi SW yg mas maksud sy blm paham mksudnya SW yg apa. tp klo di liat di menu TENTANG PONSEL di situ ditulis:
Nomor model : NX-A892
Versi Android : 2.2.2
Versi pita basis : 0.34.0 build 630 #STD
Versi kernel : 2.6.32.9-perf android@xcore #3
Nomor bentukan : 0.34.0 build 632.124.1591#Nexian

Silahkan mas panjoel cocokkan sndiri....
boleh tau FB.nya mas....?

kasusku yg td bantu ya mas, biar dual sim on-nya bs sewaktu2 aja...

Panjoel said...

Coba dari menu Testing tersebut, mas Edikumbang masuk ke Phone Information, lalu di bagian Phone Info klik SIM2, geser ke bawah nanti ada pilihan Turn off radio.

Iya mas, versi software yang saya tanyakan yang mas Edikumbang sebutkan itu. Sepertinya versi build Gigabyte memang lebih baru daripada Nexian.

Untuk masalah Android Manager, coba mas Edikumbang edit sw_ver.txt dan build.prop seperti di artikel saya ini. Jangan lupa kopi dua berkas tsb sebelum melakukan edit supaya gampang jika ingin mengembalikan ke keadaan aslinya.

Anonymous said...

Om,punya ane ko gagal ya? disana ter tulis: E:Error in/sdcard/update1.zip (statur 7)
knp ya om? mohon penjelasan dong...

Panjoel said...

Sudah cek md5sum file update anda? mungkin kurang sempurna unduhan anda. Anda sudah edit semua file di ponsel sesuai artikel saya? coba cek lagi

Anonymous said...

semua data di ponsel sudah saya edit. tapi saya masih bingung buat cara cek md5sum file'nya om. kalo mau saya match,itu original file MD5 cheksum value liat dari mana ya buat di match?

aaa said...

FILE ZIPNYA YANG MAS PANJOL BERIKAN, WAKTU DI md5sum DI VERIFIKASI KOK KELUARNYA TIDAK COCOK....
MOHON PENJELASAN

Panjoel said...

Untuk mengecek md5sum file hasil unduhan, silakan gunakan freeware yg saya berikan link-nya. Unduh freeware tsb, lalu tunjukkan file update hasil unduhan, setelah proses akan muncul serangkaian angka. Cocokkan rangkaian angka tersebut dengan nilai md5sum yang saya berikan.
Jika md5sum berkas update anda, kemungkinan besar proses unduhan anda kurang sempurna. Silakan coba unduh ulang. Usahkan proses unduhan lancar tanpa ada proses tertahan ataupun terhenti. Gunakan download manager jika diperlukan.

Great said...

update 2 : bug pada wireless tethering tersebut tidak pernah ditemui lagi karena menggunakan open garden atau cukup dengan menggunakan wireless tethering bawain hp nya?

Panjoel said...

@ mas Great:
pakai tether bawaan aja cukup kok. Awas, jangan sampai hp kepanasan, nanti freeze.

aaa said...

MAS PANJOL tolong pada saat saya update ternyata saya salah memasukkan model ponsel akhirnya saya wipe data factory tapi pada saat saya ulangi lagi kok tidak dapat keluar file updatannya<mohon penjelasan?akhirnya bootloop melulu...

Panjoel said...

mas aaa, mohon maaf, saya sudah tidak menggunakan ponsel ini karena hilang sejak sekitar bulan Mei lalu. Sekarang saya sudah pindah ke Sony Xperia P :)

Anonymous said...

mas tolong dunk upload lagi file nya.. file zip nya error mas.. hp ane bootloop mulu nih.. tolonggg(x,X)

xqo.prasetyo said...

Gan........tolong diupload lg donk Gan.........butuh banget ni.....
Nyari dmana2 gak ada......file nya....