Thursday, November 12, 2009

Install Microsoft Reader di Linux

Saya suka membaca buku, terutama yang ringan-ringan. Paling malas kalau disuruh membaca buku yang pake mikir hahahaha.... Dan sejak mengenal situs-situs ebook bajakan (ehm...ehm...ehm...), kesukaan membaca saya makin menggila... Kalau saja tidak dibatasi dengan internet endonesiyah yang piiip piiip piiiip (cencored) ini, bisa saya borong habis itu situs :P.

Format ebook yang saya punya ada berbagai macam, ada pdf, djavu, html, dan lit. Untuk sistem operasi Microsoft Windows, pembaca format-format ini dapat dengan mudah dicari. Yang jadi masalah, sistem operasi utama di komputer saya adalah linux. Untuk pdf, html dan djavu ada pembacanya, yang jadi masalah adalah lit. Setelah mengublek-ublek internet mencari pembaca lit di linux, hasilnya nihil.... Format lit ini memang format tertutup milik Microsoft, dan satu-satunya pembaca yang gratis adalah Microsoft Reader (bisa diunduh secara gratis di situsnya Microsoft).

Akhirnya terpaksa melakukan instalasi perangkat lunak ini di linux. Wew, linux canggih yah, bisa memasang perangkat lunak untuk sistem operasi lain... :D. Caranya? Gampang....

  1. Install dahulu layer kompabilitas bernama wine. Di Ubuntu dan turunannya, bisa dilakukan dengan melalui Synaptic atau lewat command line dengan mengetikkan:

    apt-get install wine
    atau
    aptitude install wine.
    Ingat, pastikan koneksi internet anda tersambung dengan lancar, dikarenakan installasi wine memerlukan pengunduhan berkas yang cukup besar. Jika anda tidak memiliki koneksi internet, bisa menggunakan fasilitas apt-web di sini atau di sini.

  2. Jika sudah, silakan siapkan installer Microsoft Reader, Bisa diunduh di sini (untuk pc). Simpan.
  3. Buka command line, arahkan ke lokasi tempat penyimpanan installer Microsoft Reader tadi kemudian ketik:

    wine MSReaderSetupUSA.exe
    Atau dengan melakukan klik ganda di file tadi :D.

  4. Jendela baru akan muncul. Ikuti langkah-langkah installasi seperti biasa. Di bagian terakhir, jika wisaya menawarkan aktivasi, jangan mau, sebab aktivasi memerlukan Internet Explorer. Efeknya, jika kita memiliki ebook berlisensi, kita tidak akan bisa membukanya. Tapi tidak apa-apa, sebab ebook saya tidak ada lisensinya semua >:).
  5. Installer akan membuat ikon shortcut di desktop. Klik kanan shortcut, lalu pilih Properties. Di jendela properti yang terbuka, lihat bagian Command, silakan blok semua, klik kanan, Copy.
  6. Buka tempat anda menyimpan ebook berformat lit anda, lalu klik kanan satu file, pilih Properties. Di jendela properti yang terbuka, lihat tab Open With, lalu klik Add. Di jendela baru, lihat bagian bawah, ada pilihan Use a custom command. SIlakan tempel ke situ. Jika sudah klik Add dan Close. Kini jika anda melakukan klik ganda ke berkas ebook lit anda, anda akan langsung dibawa ke Microsoft Reader.
Ups, kok Microsoft Readernya muncul sebentar lalu hilang? Ow ow.. error.... Error tersebut dikarenakan Microsoft Reader membutuhkan satu file library (dll) bernama msvcirt.dll. Silakan unduh dari sini, lalu salin ke folder wine anda (biasanya di ~/.wine/drive_c/windows/system32 dengan ~ menunjukkan home anda). Folder .wine ini biasanya tersembunyi, untuk menampilkannya silakan menekan Ctrl+H.

Selesai... Silakan membaca ebook berformat lit anda di linux!

ps: untuk installasi Microsoft Reader dengan Aktivasi akun, silakan main-main ke blog ini.

0 comments: