Monday, November 30, 2009

Desktop Of The Week

Yap, inilah tampilan desktop linux saya kali ini.... Sehabis memasang Kubuntu kustom, dilanjutkan dengan kustomisasi agar nyaman saat digunakan. Kubuntu merupakan distro turunan Ubuntu, tetapi menggunakan KDE. Awalnya saya menginstal Kubuntu versi standar, tetapi ternyata bloated, penuh dengan berbagai hal yang tidak saya butuhkan.... Akhirnya saya putuskan untuk melakukan pemasangan kustom: memasang command line system (sistem hanya terdiri dari command line seperti dos), menambah repo lokal (saya awalnya hanya menambah dari dvd Ubuntu Studio versi alternate dan cd Kubuntu versi alternate), instalasi sistem dasar (xorg, acpi support, sound), kemudian sistem dasar KDE (kdm, kdebase-workspace, plasma, dolphin, dll), dan berbagai perangkat lunak yang saya butuhkan (selama masih ada di repo lokal saya). Login ke X kemudian melanjutkan penambahan repo dari kambing.ui.ac.id serta Medi Ubuntu (untuk dukungan restricted extras seperti kemampuan memutar format propiertary, dvd dsb) dan melanjutkan penambahan berbagai perangkat lunak yang tersisa. Selesai. Ups, tinggal kustomisasi desktop saja.

Di sini KDE yang digunakan adalah KDE 4.3.3. Untuk pengguna Kubuntu Karmic Koala, silakan tambahkan repo ppa ini, dan tambahkan gpg-key menurut cara ini.



Tampilan desktop saya. Kanan atas merupakan plasmoid Analog Watch dan Simple Label. Kanan bawah plasmoid Playing Now yang menunjukkan lagu yang sedang diputar dengan Amarok 2.2.1.

Contoh lain dari plasmoid yang disediakan KDE4. Kiri atas merupakan Folder View yang mampu menampilkan isi dari folder tertentu (dalam screenshot ini folder berisi wallpaper) dengan kemampuan live preview, dan plasmoid Facebook (menampilkan facebook versi iphone). Plasmoid lain yang sering saya gunakan lainnya adalah Microblogging (plasmoid untuk mengakses Identica atau Twitter).

Tampilan menu KDE versi Kickoff, menampilkan bagian favorite yang berisikan berbagai aplikasi yang sering saya gunakan. Di sebelah kanan merupakan panel tempat menambahkan plasmoid lainnya.

Tampilan Dolphin, file manager dari KDE4, dengan kemampuan live preview. Panel KDE juga memiliki kemampuan ini, seperti saat kita mengarahkan tetikus diatas jendela yang kita inginkan.

Beautiful eh?! Jangan takut menggunakan opensource os! Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi!!!

---------------------------------------------
Sistem Operasi: Kubuntu 9.10 Karmic Koala dengan KDE 4.3.3 (update terbaru)
Widget: Plasma desktop dengan plasmoid
Tema plasma: Simple Clear (dari kde-look.org)
Wallpaper: Lupa dari mana.... :P. Jika ada yang tahu tempat download wallpaper ini, atau tahu siapa yang membuat, silakan pm saya.

2 comments:

ArIf said...

Hehe.. Si Raja tampilan.. :D
But I prefer substance over form.. Hehe

Eh, si Irwan minta desktop ubuntu-nya dihias-hias tuh.. Bantuin gih, kali2 aja dikasih ongkos ngehias. :P

Panjoel said...

Ahahahaha.... Kan performa jharus berbanding lurus ma penampilan... klo performa bagus tapi tampilan ngebosenin ya males jg makenya :P

Ahahaha... biar dihias sendiri deh.... wkwkwkwk....