Wednesday, September 30, 2009

Review: Sonic Syndicate - Love And Other Disasters

Para pencinta musik cadas pasti mengenal Sonic Syndicate, grup musik asal Swedia yang memulai debutnya dengan album Eden Fire ini. Album Love And Other Disasters ini sendiri sebenarnya sudah beredar sejak September tahun lalu, jadi review ini sebenarnya sudah sangat ketinggalan hahahaha.....

Grup ini sepertinya kurang terkenal di Indonesia, entah karena kurang promosi, atau memang selera lokal yang ehm, "berbeda". Sebenarnya saya sudah lama ingin membuat review album terbaru Sonic Syndicate ini, tapi baru sekarang jadi. Jadi, selamat membaca....

Judulnya cukup provokatif (seperti judul album-album sebelumnya): Love And Other Disasters. Cinta=musibah? Hahahaha..... seperti biasa, Sonic Syndicate bisa memilih judul yang menarik, tapi tetap mencerminkan isi dari albumnya. Album ini terdiri dari 10 track lagu (versi US), sedangkan yang saya punya adalah Limited Edition, dimana selain 10 track standar, ada dua bonus track: Ruin dan Dead Planet. Daftar lengkap track lagu bisa dilihat di sini.

Dari semua lagu yang ada di album ini, semuanya khas Sonic Syndicate, gedukan drum yang cepat, gitar yang garang, dengan bass yang mantab. Ada dua lagu yang sedikit berbeda dengan delapan (sepuluh) lagu lainnya, dua balad berjudul My Escape dan Contradiction.
My Escape, rock-balad dengan sentuhan orkestra sebagai background, tapi masih mencirikan gedukan cepat ala Sonic Syndicate. Sedangkan Contradiction, tanpa sentuhan orkestra, tapi masih lebih melankolis dibandingkan track lagu sisanya.

Dari segi vokal, growl dan scream yang sempat absen (walau tidak sepenuhnya) di album sebelumnya (Only Inhuman) kembali hadir di sini. Growl-growl menghiasi beberapa bagian lagu seperti di Fallout, atau pun hadir full power di track seperti Damage Control dan Red Eyes Friend, dimana vokal didominasi growl.

Secara keseluruhan, saya suka album ini. Gebukan yang cepat, petikan gitar yang garang, ditambah vokal yang mantab, membuat saya terlena dengan album ini. Tanpa terasa saya sudah melewati ke-12 lagu. Lagu favorit saya adalah My Escape. Sentuhan orkestra di background menciptakan atmosfir yang mengena sekali. Untuk anda pencinta musik cadas, ataupun yang ingin mendengarkan sesuatu yang lain, silakan coba album ini!

---------------------------------
Damn! And I really, really want write something about artbook... Oh, well...

0 comments: