Saturday, September 05, 2009

All New!!!!

Wew... capek banget, tadi siang diminta ibu untuk menemani beliau mencarikan notebook untuk kakak perempuan saya di Mangga Dua. Singkat cerita, setelah berjalan mengelilingi Mall Mangga Dua, sampai ke Orion Dusit, dari lantai atas sampai bawah, akhirnya ketemu notebook sehaga 4 jutaan (maklum, budgetnya hanya segitu), Axioo seri MNC815C/MNC105 (Celeron) dan Axioo MNC115 (Dual Core). Selain prosesor, bedanya hanya di kapasitas harddisk, 160 dan 250 Gb. Keduanya 14 inchi. Setelah ngobrol-ngobrol sebentar dengan penjualnya, akhirnya kami memutuskan untuk berkeliling lagi.

Tadi di lantai bawah Mall Mangga Dua, kami melihat ada stand A-note. Iseng-iseng melihat, eh, ada notebook dengan spesifikasi sama persis dengan Axioo tapi lebih murah. Wehehehehe... beda 300 ribu kan lumayan..... Kemudian, saya iseng melihat netbook keluaran mereka, wah kok ada tulisannya FREE EXTERNAL DVD WRITER??? Langsung deh, saya tanya..... hahahahaha.... dasar (bekas) mahasiswa, begitu lihat kata FREE langsung deh, cling-cling-cling....


Ternyata kata mbak penjualnya, memang benar, netbook tersebut dijual dengan bonus drive optik eksternal! Waw.... Spesifikasinya sih, standar netbook: prosesor Intel Atom, chipset Intel 945GSE, RAM 2 Gb (ada juga yang 1 Gb), harddisk 250 Gb (ada juga yang 160 Gb), WiFi, Bluetooth, LAN, webcam, dll dsb. Serinya A-1026. Pilihan warnanya ada tiga: hitam, putih dan merah. Tentu saja saya pilih merah hehehe.. teuteup!
Harganya total 'hanya' 3,7 juta. Mahal? Nope. Dengan FREE drive optik eksternal, sama saja harga netbook-nya 'hanya' sekitar 3-3,2 juta. Drive optik eksternalnya (yang setelah saya cek ternyata bermerek Sony) kira-kira 600 ribu. Dengan 3,7 juta, its a steal! Akhirnya jadi deh, menenteng pulang netbook tersebut.
Paket penjualan berisi netbook A-Note A1026 Merah, kabel catu daya, baterai, cd driver, softcase, buku panduan dasar penggunaan, drive optik eksternal, berbagai plastik pembungkus, dan buku garansi.

Sembari menunggu proses transaksi yang cukup lama, saya minta ijin ke ibu untuk jalan-jalan sedikit. Rencana saya sekalian hendak berburu headphone hehehehe... Ingin mencoba berburu AKG K66, salah satu best all-round headphone di bawah 500 ribu, tapi sayang sudah lama discontinued. Tapi siapa tahu, masih ada yang menyimpan stok (yang mungkin belum laku). Sudah lama saya ingin berburu headphone ini, tapi baru sempat sekarang.

Setelah berpusing-pusing ke seluruh bagian pertokoan, hasilnya nihil. Ada yang memajang headphone AKG, tapi seri k5XX dan k4XX. Hmm, kita maunya yang K66. Di beberapa toko ada yang memajang Sennheiser PX100, PX200, tapi saya kan pengennya AKG. Lalu ada yang jual SonicGear dan Philips. Merek terakhir ini sepertinya sedang meluaskan pangsa pasarnya, sebab di mana-mana saya lihat banyak yang memajang earphone, IEM, dan headphone Philips, beserta DAP (Digital Audio Player) dan PMP (Portable Media Player)-nya. Uh, memang susah... Mungkin harus ke Glodok, ke toko paling pojok hehehehe....

Setelah itu, pindah ke toko elektronik langganan , untuk membeli modem (lagi). Kali ini tidak pakai harga mahal-mahal, cukup dengan 690 ribu saya sudah dapat memboyong pulang modem Prolink PHS100. Memang merek ini belum seterkenal merek lain seperti Huawei, Sierra Wireless, dll, tapi kan, kapan kita tahu kualitas suatu merek kalau tidak mencoba, iya tho?
Sekalian saya memboyong pulang tetikus (mouse) Logitech (yay!!! Akhirnya beli tetikus mahal juga! hahaha).

Akhirnya saya menghabiskan waktu menunggu buka puasa dengan melakukan pemasangan sistem operasi dan perangkat lunak lainnya ke netbook A-Note kakak saya ini. Sistem operasi rencana hendak saya pasang dua (!), Windows XP (teuteup...) dan Linux. Linux-nya sedang menimbang-nimbang, hendak memasang sistem apa. Apakah Moblin yang masih beta itu? Atau Ubuntu Netbook Remix yang tampilannya GNOME banget itu (sorry gnome fansboy, I'm not one of you!)? Atau apa ya? Hmm, mungkin saya pasang sistem Linux seri agak lama saja, sebab Linux terbaru saat ini menggunakan driver dari Intel yang buggy banget....(silakan coba baca ini dan ini)

Wew, WinXP-nya masih bajakan, tapi saya usahakan perangkat lunak lain yang bajakan seminim mungkin. Perangkat perkantoran: OpenOffice.org, FoxitReader. Internet: Firefox, Orbit Downloader, Pigdin. Multimedia: Foobar2000, KLite Media Codec Pack+ Media Player Classic, The GIMP, Audacity. Lalu ada 7Zip, TuneUp Utilities (duh, ini masih bajakan nih, tapi yang keluaran 2006 kok hehehe), Unlocker. Antivirus menggunakan Avast Home Edition, firewall dengan Comodo. Yang bajakan hanya ada dua: sistem operasi dan TuneUp saja. Biar dosanya nggak banyak-banyak....


Wah, sebenarnya awalnya hendak menulis tentang dota OMG, oh well....

0 comments: