Tuesday, February 17, 2009

Kaptan Welcome Wizard

Tulisan ini akan membahas login pertama dari Pardus. Setelah selesai installasi sistem Pardus, anda akan dibawa oleh Kaptan Welcome Wizard untuk mengkonfigurasi beberapa hal, seperti jaringan (network), desktop, dan lain-lain. Sebenarnya langkah ini serupa dengan fasilitas di beberapa distribusi linux lain, seperti Mandriva dan Fedora, dimana saat kita login pertama kali, kita akan disuguhi wisaya serupa.
Kaptan merupakan semacam panel kontrol untuk mengkonfigurasi beberapa bagian sistem. Kaptan sendiri terdiri dari konfigurator milik KDE ditambah beberapa kanfigurator buatan Pardus. Tampilannya cukup bagus, wisayanya cukup mudah untuk diikuti.
Di bawah ini dapat dilihat tangkapan layar langkah-langkah Pardus Welcome Wizard.
Inilah halaman awal Pardus Welcome Wizard. Disini dapat dibaca kata pengantar dari tim Pardus.

Anda dapat mengklik tombol Next. Halaman berikutnya adalah pengaturan tetikus (mouse). Anda dapat memilih berbagai pilihan sesuai kesukaan anda.

Halaman berikutnya adalah pilihan posisi panel. Ada beberapa pilihan bawaan dari Pardus. Jika anda kurang suka, anda dapat menkostumisasi sendiri nantinya dengan Kaptan.

Di sini anda ditawari pilihan jumlah desktop virtual anda. Seperti yang anda ketahui, linux memiliki kemampuan membuat beberapa desktop.

Pada halaman ini, anda dapat memilih gambar latar, baik warna, gambar bawaan Pardus, maupun gambar milik anda sendiri. Dan jangan khawatir, pilihan ini masih dapat diganti lagi nantinya.

Anda dapat menentukan setting dari jaringan anda di halaman ini. Jika anda belum berencana mensetting jaringan, atau kartu jaringan maupun modem anda belum terdeteksi, silakan lewati bagian ini.

Dihalaman ini anda dapat menenetukan apakah anda ingin menjalankan program pembaharu (auto update). Jika anda ingin agar sistem anda selalu dalam kondisi dengan penambal (patch) dan pembenar bug (bug-fix), silakan pilih agar auto update selalu jalan. Anda juga dapat memasukkan pilihan repositori Contrib. Seperti dalam sistem Ubuntu linux, di Pardus juga ada repositori Contrib (informasi lebih lanjut: http://en.pardus-wiki.org/Contrib_repository) yang berisi paket-paket atau software-software di luar dukungan resmi Pardus. Jadi semacam Community. Saran saya, aktifkan nanti saja dengan cara manual, sebab aktifasi dari sini tidak serta-merta memperbarui daftar paket di Package Manager.

Ini adalah halaman terakhir dari Kaptan Welcome Wizard. Anda dapat melakukan konfigurasi lebih lanjut desktop anda dengan memilih Tasma. Anda juga dapat melakukan pemindahan dokumen dan konfigurasi dari sistem Microsoft Windows ataupun sistek Linux lama anda dengan Migration Tool. Atau jika anda ingin bergabung dengan komunitas online, anda dapat memilih User Groups and Help Pages.

Blogged with the Flock Browser

Setelah selesai melewati langkah-langkah diatas, anda siap menggunakan Pardus Linux 2008.2. Selamat menikmati.


Untuk review keseluruhan akan dibahas pada tulisan berikutnya. Stay tuned!!

0 comments: