Sunday, October 11, 2009

Review: Backstreet Boys - This Is Us

Masih ingat dengan Backstreet Boys? Salah satu band yang sempat ngetop saat jamannya boy band digemari. Saat boy band lain tenggelam, pecah atau menghilang, Backstreet Boys berhasil bertahan. Album yang dibahas kali ini, merupakan album ke tujuh mereka, berjudul This Is Us.

Dirilis tanggal 30 September (Jepang), 5 Oktober (UK) dan 6 Oktober (US), album ini adalah album ke dua mereka setelah personil mereka berkurang menjadi empat. Sebelum versi official dirilis, sempat beredar sebelas track yang diklaim sebagai versi pre-release. Dari sisi kualitas memang terlihat bahwa versi "bocoran" tersebut masih belum selesai. Dan terdapat perbedaan track versi pre-release dengan versi official. Untuk rilis official, ada dua versi  yang beredar, edisi standar dan edisi Deluxe, yang berisi semua track standar ditambah beberapa bonus track dan sebuah bonus dvd. Yang saya dapat adalah versi standar, berisi sebelas track.

Secara keseluruhan, album ini cukup bagus. Genre yang digunakan adalah POP dan R&B, dengan sentuhan techno. Album ini dibuat dengan beat yang akan membuat kaki anda bergoyang-goyang. Dibuka dengan Straight Through My Heart, yang juga dikenal dengan judul Straight Through My Heart (Soldier Down), kemudian Bigger, Bye Bye Love, All Of Your Life (You Need Love), hingga If I Knew Then (dikenal sebagai What I Know Now di versi pre-release) kita akan digoyang dengan up-beat. Beat yang serupa masih dilanjutkan dengan This Is U, PDA, Masquerade, She's A Dream, dan Shattered. Album ditutup dengan sebuah slow-beat balad berjudul Undone.
Track fav saya sendiri adalah Masquerade, If I Knew Then dan Shattered.

Dibandingkan dengan versi pre-release, terdapat berbagai perbedaan. Dari sisi daftar track, versi pre-release:


01. Bye Bye Love
02. Fallen Angel
03. Bigger
04. Helpless
05. She's A Dream
06. International
07. Masquerade
08. Hologram
09. Shattered
10. What I Know Now (Prod By Claude Kelly)
11. Straight Through My Heart (soldier down)

Sedangkan versi official:


01. Straight Through My Heart
02. Bigger
03. Bye Bye Love
04. All Of Your Life (You Need Love)
05. If I Knew Then
06. This Is Us
07. PDA
08. Masquerade
09. She's A Dream
10. Shattered
11. Undone

Terlihat terdapat penggantian track, dan juga penggantian urutan track yang masih sama. Fallen Angel dan Hologram diganti dengan All Of Your Life (You Need Love) dan PDA, sedangkan Helpless menjadi bonus track untuk rilis Eropa, Taiwan, Kanada, Australia, Kanada dan Brasil. International menjadi bonus track rilis Jepang dengan nama International Luv. What I Know Now berganti nama sebagai If I Knew Then. Sedangkan Undone melengkapi album sebagai penutup di posisi sebelas.

Selain perubahan track, perubahan juga terasa di track-track yang sama. Selain editing yang sudah lengkap, juga terdapat perbedaan vokal dan musik. Misalnya di track Shattered, dimana versi official vokalnya sedikit disederhanakan. Perubahan-perubahan kecil juga dapat didengar di track-track yang lain.

Untuk anda penggemar Backstreet Boys, atau ingin bernostalgia dengan boy band, silakan mendengarkan album ini. Album ini juga disarankan untuk anda penyuka up-beat. Coba dengarkan, dan bersiaplah untuk mengoyangkan kaki anda!

0 comments: