Wednesday, March 24, 2010

Conky - A Lightweight System Monitor

Apa sih conky? Conky itu perangkat lunak untuk monitor sistem seperti cpu, jaringan, suhu, harddisk, email, update dan lain-lain. Lalu, apa sih yang membuat conky populer? Conky itu sangat ringan, sebab dia tidak membutuhkan GUI yang rumit untuk menampilkan outputnya, dia langsung menggunakan X Window. Sederhananya, dia "menggambar" outputnya langsung di desktop, dan tidak tergantung dengan desktop manager yang digunakan.
Conky tersedia untuk Linux dan BSD (dan turunannya). Untuk windows, ada perangkat lunak bernama Samurize, tapi tetap ada perbedaan antara conky, dan samurize.

Di Linux, conky umumnya sudah tersedia di repositori. Silakan buka manager perangkat lunak atau manager paket distro anda dan lakukan pencarian terhadap conky. Saya sendiri menggunakan Linux Mint yang berdasar Ubuntu, jadi proses pemasangan di Linux Mint dapat menggunakan Synaptic atau lewat command line atau konsol dengan mengetik:
sudo apt-get install conky
atau:
sudo aptitude install conky
Pastikan sistem anda terhubung dengan internet atau repositori lokal anda terpasang dengan baik. Sistem akan mengunduh conky dan memasangnya di sistem anda. Setelah terpasang dengan baik, conky dapat dijalankan dengan mengetikkan conky di command line atau konsole atau kotak perintah run, atau dengan mengklik ikon di sistem menu jika tersedia.

Tampilan default conky adalah seperti ini:


Dengan menjalankan perintah conky dari command line, maka conky akan terkait dengan command line yang anda buka. Jadi, jika anda tutup jendela command line tempat anda menjalankan conky, maka conky juga akan ikut tertutup. Untuk mencegah hal ini anda dapat menjalankan conky sebagai daemon (semacam background process jika anda di Windows) dengan perintah:
conky -d
Dengan ini anda dapat menutup jendela command line dan conky akan tetap berjalan.

Conky memiliki kemampuan untuk dikonfigurasi yang sangat baik, anda dapat menggabungkan conky dengan berbagai skrip/bahasa pemrograman lain, yang umum digunakan adalah lua dan python.
Tampilan conky dapat dikustomisasi sesuai selera dengan mengedit berkas .conkyrc di folder Home anda. Tampilkan berkas tersembunyi terlebih dahulu karena berkas dengan tanda titik didepan nama berkas menunjukkan berkas tersebut sebagai berkas tersembunyi. Selain berkas .conkyrc, conky sebenarnya juga dapat menampilkan tampilan sesuai konfigurasi di berkas lain, asalkan kita tunjukkan lokasi berkas konfigurasi yang kita buat dengan memberi perintah -c di belakang perintah conky:
conky -c /lokasitempatandamenyimpan/berkaskonfigurasianda
Misalkan di sistem saya, conky saya perintahkan untuk membaca berkas konfigurasi di direktori .conky di direktori Home saya, perintahnya:
conky -d -c ~/.conky/.conkycuaca
Di linux, simbol ~ (tombol di kiri atas, biasanya diatas Tab, dan tepat di sebelah kiri tombol angka satu) menunjukkan direktori home anda, jadi jika kita mengetik:
cd ~
di command line, kita akan dibawa ke direktori home anda (biasanya di /home/namapenggunaanda).

Agar conky dapat berjalan tiap sistem dimulai, anda dapat menambahkan conky di startup (tiap distro berbeda, silakan baca manual/petunjuk distro anda untuk lebih jelasnya). Misalkan di Ubuntu (termasuk Linux Mint standar) anda dapat mencari di Setting > Startup, untuk di Linux Mint Fluxbox CE (varian Linux Mint yang menggunakan fluxbox sebagai desktop manager-nya) dapat dilakukan dengan mengedit berkas startup di direktori .fluxbox di direktori home anda.

Jika conky anda menggunakan beberapa berkas konfigurasi (seperti saya misalnya), anda dapat menambahkan lebih dari satu perintah conky di startup anda. Misalkan, conky saya menggunakan konfigurasi di .conkyrc (berkas default conky), .conkyrc2 dan .conkyrc3, maka saya menambahkan perintah ini di startup saya:
conky -d (untuk conky dengan konfigurasi di .conkyrc)
conky -d -c ~/.conkyrc2 (untuk conky dengan konfigurasi di .conkyrc2)
conky -d -c ~/.conkyrc3 (untuk conky dengan konfigurasi di .conkyrc3)
atau agar lebih sederhana, anda dapat membuat satu berkas skrip (semacam berkas bat di Windows) yang berisikan perintah diatas. Caranya: buka editor teks anda (misalkan Gedit, nano, vi, kate, kwrite, mousepad atau yang lainnya) dan buat berkas kosong di tempat yang anda inginkan (misalkan di home anda), dan isikan perintah anda. Misalkan berkas yang saya gunakan:
#!/bin/bash
sleep 1 &&
conky -d &&

sleep 1 &&
conky -d -c ~/.conkyrc2 &&
sleep 1 &&
conky -d -c ~/.conkyrc3 &&
sleep 1

Silakan ganti dengan lokasi berkas konfigurasi conky anda. Setelah itu, buka command line, pindah ke direktori anda menyimpan berkas skrip tadi dan ketik:
chmod +x namaberkasanda
Perintah ini akan memberikan attribut executable ke berkas anda. Setelah itu, tambahkan perintah ini ke startup anda:
sh /lokasitempatandamenyimpanberkasskrip/namaberkasskripanda
Berikut ini beberapa tangkapan layar sistem saya (dengan conky):
Pada dua tangkapan layar terakhir, perhatikan pojok kanan atas, di situ dapat dilihat conky  dihubungkan dengan dua perangkat lunak pemutar musik yaitu Decibel (lewat fungsi bawaan Decibel) dan Exaile (lewat conkyExaile).
Berbagai fungsi yang disediakan conky dapat dilihat di sini. Selamat mencoba!

1 comments:

silence said...

wah conkynya keren abis...yang gambar lingkaran di samping jam, diatas tanggal itu apa bro? gimana buatnya?
share donk...